Friday, November 15, 2013

Tips Menggunting Kain Ala Ayza Aksesoris

Sahabat tentunya sudah terbiasa dengan gunting menggunting baik itu kertas, kain, plastik dll. Disini Ayza akan membahas tentang menggunting kain. Sangat banyak jenis kain yang ada dipasaran, sebetulnya Ayza sendiri tdk begitu hafal jenis-jenis kain tersebut, hanya beberapa saja yg sering di pakai hehehe maklum ya Sahabat basic awalnya bukan dr bidang jahit menjahit :).

Mungkin banyak dari sahabat yang sudah mahir atau memang basicnya dari bidang menjahit. Jika tulisan ini salah atau ada yangkurang mohon untuk dikoreksi atau ditambahkan kekurangannya ya sahabat yang baik, tapi mungkin juga ada beberapa sahabat yang masih merasa kesulitan dengan menggunting kain, semoga tulisan ini membantu & bermanfaat ya Sahabat.

1. Menggunting Kain Flanel
Mengapa kain flanel dulu yang ayza bahas ??...hehhe karena produk ayza banyak menggunakan kain flanel Jadi ini hal-hal yang biasa Ayza lakukan :
- Siapkan pola sesuai dengan apa yang akan kita buat.
- Sediakan gunting dgn berbagai ukuran ( Besar,kecil & lengkung )
- Kain flanel yg akan di gunting
- Jarum pentul
- Untuk mencetak pola pada kain flanel sebaiknya tidak menggunakan ballpoint, karena ini akan mem buat flanel menjadi kotor.
- Tempelkan pola pada kain flanel & tusuk dengan jarum pentul,agar tidak bergeser
- Gunakan gunting besar jika pola yg akan kita gunting itu besar & lurus...karena ini akan mempercepat proses pengguntingan serta membuat hasil guntingan lebih rapih.
- Gunakan gunting kecil jika pola yg akan kita gunting ukuran kecil , agar lebih rapih & tangan kita tdk cepat lelah
- Gunakan gunting dgn ujung lengkung untuk menggunting bagian2 berliku atau lingakaran,agar bisa menjangkau bagian sudut terdalam & hasil lingkaran jg lebih rapih.

2. Menggunting kain sifon
Kain sifon...selain sangat tipis & halus ..kain ini pun agak licin..jd lumayan sulit utk digunting. Jika sahabat ingin menggunting kain sifon perhatikan hal2 berikut :
- Berikan alas pada kain sifon itu dengan kain lain seperti katun ,agar kain sifon ini diam menempel pd kain katun tsb...
- Cetak pola pada bagian dalam kain menggunakan pinsil warna utk kain lalu gunting.
Hal2 lainnya sama seprti kain flanel tadi ya sahabat

3 Menggunting Kain Satin.
Kain satin ini mempunyai 2 sisi yg sangat berbeda..sisi luar yg sangat licin & sisi dalam yg kesat...Nah utk memudahkan sahabat menggunting Kain satin...sebaiknya posisikan kain bagian dalam tersebut bertemu dgn bagian dalam lainnya...tujuannya agar kain tidak bergeser saat di gunting. Untuk hal2 lainnya sama seperti uraian di atas ya sahabat

Itulah sedikit tips menggunting ala Ayza, maaf jika masih ada yg kurang atau salah.
Semoga Bermanfaat

Salam,
Ayza Aksesoris Graha Cikarang
Dini Mahdiani Betta
Posted by Ayza Aksesoris
Ayza Aksesoris Graha Cikarang | Ayza Felt | Flanel Updated at: 10:55 AM

No comments: